FERMENTASI BIJI KOPI ROBUSTA PRINGSEWU

IMG_20170513_155246
Biji Kopi Fermentasi Pringsewu, Dalam bentuk bubuk Rp 25.000/150 gram

Fermentasi Biji Kopi robusta, di pringsewu menggunakan bakteri probiotik yang di perkaya dan di buat di laboratorium oleh tenaga ahli di bidangnya, tidak menggunakan media binatang luwak tetapi menghasilkan cita rasa kopi fermentasi, seperti cita rasa kopi yang di hasilkan oleh fermentasi dalam usus binatang luwak.

Fermentasi kopi ini akan memperbaiki cita rasa kopi. Biji kopi difermentasi basah atau semi basah sebelum dikeringkan akan meningkatkan cita rasa kopi.Fermentasi basah, banyak menggunakn air biasanya di lakukan oleh pemodal kuat.

Sekarang kita bahas teknologi fermentasi semi basah, karena sangat mudah di lakukan

Teknologi fermentasi kopi semi basah, yaitu sebagai berikut:

1. Buah kopi yang akan difermentasi dipilih buah kopi yang benar-benar matang (berwarna merah).
2. Buah kopi yang telah dipetik harus segera diproses.
Waktu antara pemetikan dengan proses fermentasi diusahakan tidak lebih dari 6 jam.
3. Buah kopi selanjutnya direndam sebentar dengan air bersih untuk memudahkan pemecahan kulit.
Namun dapat juga langsung dipecah kulitnya tanpa melalui perendaman.
4. Selanjutnya buah digiling dengan mesin pulper (vis pulper).
5. Hasil pulping kemudian ditumpuk (dionggokkan) atau disimpan pada wadah hingga membentuk gunungan (kerucut). Gunungan hasil pulping itu ditutup karung atau plastik, lalu dibiarkan selama semalam (12 – 15 jam). Alternatif lain untuk mempercepat proses fermetasi atau menguatkan cita rasa adalah dengan memberikan yeast, atau bakteri proteolitik yang banyak dijual dipasaran ke dalam buah yang sudah dipulping lalu diperam selama 12 – 15 jam. Kadar yeast atau bakteri proteolitik yang diberikan cukup 3% saja.
6. Setelah diperam, buah selanjutnya dicuci dengan air bersih dan dijemur. Namun bila panas memungkinkan, buah dapat langsung dapat dijemur.
7. Proses selanjutnya seperti proses umumnya pengolahan kopi, hingga di dapatkan kopi bubuk.
Hasil Fermentasi Kopi
Biji kopi yang difermentasi mempunyai warna yang berbeda dengan biji kopi yang tidak difermentasi. Biji kopi yang difermentasi mempunyai warna yang lebih pucat dibandingkan dengan yang tidak difermentasi (hijau keabu-abuan). Pada kopi robusta, kopi yang difermentasi dengan bakteri proteolitik mempunyai cita rasa yang lebih kuat dan lebih disukai, dibandingkan dengan yang difermentasi dengan yeast. Secara umum kopi robusta yang difermentasi mempunyai cita rasa yang lebih disukai. Kopi robusta yang difermentasi mempunyai aroma yang lebih lembut dibandingkan dengan yang tidak difermentasi
Sumber Berita: http://www.teraskreasi.com

http://sumsel.litbang.pertanian.go.id/BPTPSUMSEL/berita-teknologi-fermentasi-untuk-meningkatkan-cita-rasa-kopi.

Harga Kopi Fermentasi Bubuk = Rp. 25.000/150gram

Dijual dalam bermacam bentuk, dalam bentuk biji dalam kemasan aluminium foil dalam kemasan per kilogram, Harga terjangkau dan bisa nego di whatshap, atau komunikasi langsung.

Aroma cita rasa Kopi Fermentasi Robusta akan menembus awan dalam kalbu anda dalam menempuh kenikmatan cita rasa kopi fermentasi, seakan mengisi seluruh relung jiwa kenikmatan dan melayang diantara aroma khas Kopi Fermentasi dari Pringsewu Lampung Indonesia.

Cita rasa Kopi Fermentasi Pringsewu serasa tegar bagai karang, khas tiada tanding, puas tiada banding, begitulah unkapan yang saya junjung untuk membantu melukiskan hasil jerih payah anda dalam mencari cita rasa Kopi Fermentasi

Kami yakin anda bersama kami akan terasa lebih nyaman dan aman lagi. Paket Kopi Fermentasi ini untuk memfasilitasi calon pembeli yang tidak perlu berkebun kopi sendiri di Lampung, juga merupakan komitmen kami untuk tidak melulu bisnis oriented tetapi juga berbagi rasa kami. Prinsip utama dari Kopi Fermentasi Pringsewu adalah menyajikan kemudahan bagi penkmat kopi dengan sebaik-baiknya karena merupakan tanggung jawab terbesar kami dalam menyajikan Cita rasa Kopi Fermentasi Pringsewu serasa tegar bagai karang, khas tiada tanding, puas tiada banding.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s